Apa Itu Ekonomi Makro? Begini Penjelasannya

KesahPublik.com Sabtu, 3 Februari 2024 1:06 WIB

Ekonomi makro atau makroekonomi adalah studi tentang ekonomi secara keseluruhan.[1] Makroekonomi menjelaskan perubahan ekonomi yang mempengaruhi banyak masyarakat, perusahaan, dan pasar. Ekonomi makro dapat digunakan untuk menganalisis cara terbaik untuk memengaruhi target-target kebijaksanaan seperti pertumbuhan ekonomi, stabilitas harga, tenaga kerja dan pencapaian keseimbangan neraca yang berkesinambungan.

Meskipun ekonomi makro merupakan bidang pembelajaran yang luas. Ada dua area penelitian yang menjadi ciri khas disiplin ini: kegiatan untuk mempelajari sebab dan akibat dari fluktuasi penerimaan negara jangka pendek (siklus bisnis), dan kegiatan untuk mempelajari faktor penentu dari pertumbuhan ekonomi jangka panjang (peningkatan pendapatan nasional). Model makroekonomi yang ada dan prediksi-prediksi yang ada jamak digunakan oleh pemerintah dan korporasi besar untuk membantu pengembangan dan evaluasi kebijakan ekonomi dan strategi bisnis.

Keluaran nasional ialah total nilai seluruh produksi negara pada masa yang sudah ditentukan. Semua yang diproduksi dan dijual menghasilkan pendapatan. Maka dari itu, keluaran dan pendapatan biasanya dianggap setara dan dua istilah tersebut sering digunakan berganti-gantian. Keluaran bisa diukur sebagai jumlah pendapatan, atau, bisa dilihat dari sisi produksi dan diukur sebagai jumlah nilai barang jadi dan jasa atau bisa juga dari penjumlahan seluruh nilai tambah di dalam negeri.

Keluaran ekonomi makro biasanya diukur dengan Produk Domestik Bruto (PDB) atau salah satu akun nasional. Ekonom yang tertarik dengan kenaikan keluaran jangka panjang akan mempelajari pertumbuhan ekonomi. Kemajuan teknologi, akumulasi mesin dan modal lainnya, serta pendidikan yang lebih baik dan modal manusia semuanya akan berujung pada keluaran ekonomi lebih besar di selama berjalannya waktu. Tetapi, keluaran tidak selalu naik secara konsisten. Siklus bisnis bisa menyebabkan penurunan keluaran jangka pendek yang disebut resesi. Ekonom mencari kebijakan ekonomi makro yang bisa mencegah ekonomi anjlok ke jurang resesi dan akhirnya bisa memacu pertumbuhan jangka panjang dengan lebih cepat.

sumber: wikipedia

Banner

Berita Terkait

Berita Terbaru

12/07/2024 19:07 WIB

AYL-AZA Belum Penuhi Syarat Dukungan untuk Maju di Pilkada Kukar 2024

KESAHPUBLIK.COM – Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Awang Yacoub…

04/07/2024 00:39 WIB

Bapilu PDI Perjuangan Sebut Edi Damansyah Masih Bisa Jadi Calon Bupati Kukar

KESAHPUBLIK.COM – Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) PDI Perjuangan Kutai Kartanegara…

24/06/2024 09:17 WIB

Koordinator MN KAHMI Hadiri Nobar Film Lafran di Samarinda

KESAHPUBLIK.COM – Koordinator Presidium Majelis Nasional Korps Alumni Himpunan Mahasiswa…

23/06/2024 23:17 WIB

Komunitas Sepak Bola Vamous Family Gelar Turnamen U13 Brigjen Dendi Suryadi Cup

KESAHPUBLIK.COM – Komunitas sepak bola Vamous Family sukses menggelar Football…

16/06/2024 09:22 WIB

Putra Kantongi Rekomendasi Cabang Sangatta Sebagai Calon Ketum Badko HMI Kaltim-Kaltara

KESAHPUBLIK.COM – Pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Sangatta Kabupaten…

15/06/2024 12:43 WIB

Didi Tasidi Raih Dukungan Masyarakat Kukar untuk Jadi Jaksa Agung RI 2024

KESAHPUBLIK.COM – Didi Tasidi menjadi narasumber dalam dialog interaktif yang…